SATPOL PP SURABAYA KERAHKAN 750 PERSONEL UNTUK PENERTIBAN APK PADA MASA TENANG KAMPANYE
By : noname Date : Feb 11, 2024 Categorie :

SATPOL PP SURABAYA KERAHKAN 750 PERSONEL UNTUK PENERTIBAN APK PADA MASA TENANG KAMPANYE

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya mengerahkan 750 personelnya guna melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) karena sudah memasuki masa tenang Pemilu 2024, pada Minggu (11/2) dini hari. 750 personel Satpol PP tersebut terbagi menjadi beberapa tim yang akan melakukan giat penertiban APK bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), serta panitia pengawas kecamatan (Panwascam).

Kepala Satpol PP Kota Surabaya, M. Fikser mengatakan pihaknya juga turut menggandeng organisasi perangkat daerah (OPD) yakni Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) guna turut serta dalam giat tersebut. “Jadi kami tidak sendiri, kami dibantu OPD terkait termasuk dengan kendaraan dump truck untuk mengangkut APK yang ditertibkan. Untuk penertiban APK kami juga ada plotting masing-masing kecamatan,” kata Fikser.

Fikser juga menambahkan, penertiban APK yang dilakukan di 31 kecamatan tersebut juga turut mendapat bantuan personel dari kelurahan serta bantuan dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ikut hadir dalam giat tersebut. “Ada dari teman PPS yang ikut, ada Panwascam juga bergabung, ditingkat kota ada ketua KPU dan ketua Bawaslu,” imbuh Fikser.

Fikser mengatakan, APK yang telah ditertibkan akan disimpan di kecamatan serta beberapa disimpan di Bawaslu. “APK yang kami tertibkan akan kami lipat dan kami juga simpan di gudang Satpol PP Surabaya, kami juga berkoordinasi dengan Panwascam, sehingga sebagian lagi akan kami simpan di kecamatan dan Bawaslu,” kata Fikser.

Pada giatnya, petugas gabungan tersebut mulai membongkar serta mencopot APK yang terpasang di ruas-ruas jalan mulai dari ukuran sedang hingga besar. Tak hanya itu, APK yang terpasang pada tiang listrik dan pepohonan juga turut diamankan petugas.

Fikser juga menambahkan, penertiban APK yang dimulai pukul 00.00 WIB dini hari tersebut dapat rampung ditertibkan, sehingga pada masa tenang Pemilu 2024 kota Surabaya sudah bersih dari alat peraga kampanye tersebut.

“Kami berharap, APK yang ada di akses semua jalan Kota Surabaya bisa kami tertibkan sesuai dengan aturan yang ada, karena ini sudah memasuki masa tenang Pemilu. Kami juga tidak hanya melakukan penertiban APK saja, namun petugas kami juga ikut pengawalan ditiap kecamatan dan kelurahan, menjaga di tempat-tempat yang sudah ditentukan seperti di aula kecamatan, kami pasang CCTV untuk keamanan kotak suara logistik pemilu,” tutupnya.


Share This :