ARTIKEL TERBARU

Satpol PP Kota Surabaya segel Swalayan

Sebanyak empat swalayan yang berada di kawasan Surabaya disegel oleh Satpol PP Kota Surabaya, Rabu (13/9/2017). Satpol PP Kota Surabaya bergabung dengan Dinas Perdagangan Kota Surabaya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Kelurahan, dan Kecamatan melaksanakan penyegelan karena swalayan tersebut tidak memiliki izin usaha toko swalayan (IUTS).


Sebelumnya Dinas Perdagangan Kota Surabaya sudah melayangkan surat peringatan sebanyak tiga kali kepada pihak swalayan namun tidak ada respon. Dinas Perdagangan Kota Surabaya juga mengirim bantuan penertiban (bantib) sebagai upaya tindaklanjut kepada Satpol PP Kota Surabaya.


“Hari ini kita melaksanakan penghentian aktifitas (segel) kepada tiga Alfamart dan satu Indomaret yang berada di kawasan kota Surabaya. Empat swalayan ini kita segel karena melanggar Perda 8/2014 pasal 9 ayat 1 tentang penataan toko swalayan di Kota Surabaya.” tutur Penyidik Pegawai Negeri Sipil Satpol PP Kota Surabaya Fadli Badjeber.


Dalam satu bulan ini, tercatat 22 swalayan di kawasan Surabaya sudah diberhentikan aktifitasnya oleh Satpol PP Kota Surabaya lantaran tak memiliki perizinan. “Banyaknya swalayan yang kami segel karena pihak swalayan tidak mengindahkan regulasi Perda Kota Surabaya,” tandas Fadli.


Salah seorang pegawai swalayan Eni sangat menyayangkan dengan adanya penyegelan di tempat dia bekerja. “Saya sangat berapresiasi kepada Pemkot Surabaya dengan adanya penyegelan swalayan yang tak berizin ini membuat saya mengerti bahwa petugas hanya menegakkan aturan,” ucap Eni.


Dari keempat swalayan ini diberi stiker tanda silang dan pemberitahuan disegel oleh Satpol PP Kota Surabaya. Staf Dinas Perdagangan Kota Surabaya Abdul Malik mengatakan apabila pihak swalayan merespon dan melengkapi perizinannya maka secepatnya akan diproses untuk buka segelnya.


Langkah kedepannya Dinas Perdagangan Kota Surabaya akan lebih selektif dalam mendata proses perizinan setiap usaha toko maupun swalayan di Kota Surabaya. “Kedepannya pihak kami akan melibatkan Satpol PP Kota Surabaya dalam kegiatan sidak gabungan,” tambah Abdul. (sendy/humpolpp)



HUBUNGI KAMI

Silahkan kirimkan kritik dan saran Anda mengenai Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surabaya melalui form di bawah ini