ARTIKEL TERBARU

Pengembalian fungsi jalan di Jalan Karang Menjangan Surabaya

Selama lebih dari 20 tahun area sekitar bahu Jalan Karang Menjangan Surabaya dipenuhi oleh para pedagang kaki lima (PKL). Tercatat sebanyak 220 PKL yang berjualan di lokasi ini, yang terdiri dari 153 penjual pasar tumpah pada pagi hari dan 67 penjual pasar malam dan mamin pada malam hari.


Para PKL ini menggunakan bahu jalan sebagai tempat berjualan. Kegiatan jual-beli ini sendiri telah mengganggu kelancaran lalu lintas di sekitar Jalan Karang Menjangan Surabaya.


Pelaksanaan pengembalian fungsi jalan ini sendiri sesuai dengan aturan Perda No 10 Tahun 2010 tentang Ketentuan Penggunaan Jalan, juga Perda No 2 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Petugas gabungan dari Satpol PP, DPUBMP, Polrestabes, dan BPB-Linmas Surabaya bekerjasama untuk mengembalikan fungsi jalan di kawasan ini, Rabu (6/9/2017).


Kegiatan pengembalian fungsi jalan ini dilakukan dengan pembongkaran separator atau jalur pemisah jalan terlebih dahulu. “Pada dasarnya pihak DPUBMP sudah memberikan sosialisasi kepada para PKL sebelum dilakukannya penertiban PKL di kawasan ini lalu DPUBMP mengirim bantuan penertiban (bantib) sebagai upaya tindaklanjut kepada Satpol PP.” ungkap Kepala Seksi Pengawasan Satpol PP Kota Surabaya, Saiful Ikhsan.


Dalam hal ini, warga sangat koperatif adanya pelaksanaan kegiatan ini. “Saya sangat berterima kasih sekali kepada Pemkot Surabaya menjadikan kawasan ini menjadi lebih bersih dan indah, namun saya merasa kasihan kepada warga saya yang masih mengandalkan tempat ini sebagai ladang berjualan.” ungkap Ketua RT 04/07 Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Surabaya Bambang Sugiarto.


Pengembalian fungsi bahu jalan ini dilakukan agar lalu lintas di Jalan Karang Menjangan Surabaya kembali lancar. Selain itu untuk kedepannya jalan ini diperuntukkan sebagai media pembatas jalur lambat bagi warga yang melintas di jalan tersebut. (sendy/humpolpp)


 



HUBUNGI KAMI

Silahkan kirimkan kritik dan saran Anda mengenai Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surabaya melalui form di bawah ini