ARTIKEL TERBARU

Surabaya menjadi Tuan Rumah Workshop bagi Satpol PP se-Indonesia

Kali ini, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelenggarakan Workshop Penerapan Standart Pelayanan Minimal (SPM) Subbidang Trantibum pada tanggal 9-11 Agustus 2017 di Hotel Garden Palace. Surabaya dipilih oleh Kemendagri menjadi tuan rumah penyelenggaraan workshop SPM karena Surabaya dinilai berhasil dalam menerapkan SPM Subbidang Trantibum.

Workshop SPM Subbidang Trantibum yang digelar oleh Kemendagri ini dihadiri oleh 50 Kepala Satpol PP se-Indonesia. Mereka hadir ingin belajar dan mengetahui bagaimana Satpol PP Kota Surabaya berhasil dalam menegakkan perda.

Dalam kesempatan workshop ini, Walikota Surabaya Tri Rismaharini menjadi pembicara dalam Workshop SPM Subbidang Trantibum. Risma menjelaskan adanya penanganan Satpol PP Kota Surabaya dalam menerapkan peraturan daerah sudah humanis namun tetap tidak lupa akan mengedepankan sisi keadilan bagi warga Kota Surabaya.

Risma juga menjelaskan banyaknya inovasi yang dilakukan oleh Satpol PP Kota Surabaya dalam penegakan perda secara humanis. Risma menunjukkan bahwa Satpol PP Kota Surabaya mempunyai beberapa tim yang saat ini beroperasi dalam penegakan perda seperti tim segway, sepatu roda, dan pinky trail.

“Ya itu semua juga dilakukan untuk membantu kinerja Satpol PP dalam menjalankan Perda di Kota Surabaya.” katanya.

Keberhasilan Kota Surabaya dalam bidang trantibum karena adanya kerjasama tiga pilar antara Pemerintah Kota Surabaya, Kepolisian, dan TNI. Dari kerjasama ini melahirkan output yang dapat dirasakan oleh warga Kota Surabaya dalam terciptanya lingkungan yang kondusif.

Selain itu, adanya pelayanan terhadap keluhan masyarakat dalam bidang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat (trantibumas) yang ditangani secara cepat, efektif sesuai pengaduan, dan efisien. Command Center Surabaya hadir menjadi inovasi Pemerintah Kota Surabaya yang sangat luar biasa dalam penanganan aduan warga Kota Surabaya.

Pada workshop ini, para kepala Satpol PP se-Indonesia akan mendapat kesempatan melihat langsung bagaimana penerapan SPM Subbidang Trantibum yang ada di Surabaya. Mereka direncanakan akan melihat penerapan SPM dalam giat RHU (Rekreasi Hiburan Umum) dan IMB serta di Command Center Surabaya. (sendy/humpolpp).



HUBUNGI KAMI

Silahkan kirimkan kritik dan saran Anda mengenai Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surabaya melalui form di bawah ini