ARTIKEL TERBARU

Perlebar Jalan Pandegiling untuk atasi Titik Kemacetan di Kota Surabaya

Kawasan Bangunan Liar (Bangli) di Pandegiling sisi barat kembali ditertibkan oleh Satpol PP Kota Surabaya, Senin (10/7/2017). Penertiban bangli tersebut berlangsung tertib karena para warga sadar akan adanya penertiban ini.


Sebelumnya sudah pernah dilakukan sosialisasi oleh petugas Satpol PP Kota Surabaya kepada warga yang berada di kawasan Jalan Pandegiling. Ini yang membuat warga sibuk dengan sendirinya dalam membongkar bangunan liar tersebut.

 

Penertiban ini melibatkan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya untuk mengerahkan truk dan alat berat backhoe. Dalam hal ini, peran Pemerintah Kota Surabaya untuk pelebaran Jalan Pandegiling Surabaya sudah berhasil.

 

Jalan Pandegiling adalah akses jalan dua arah yang sering mengalami titik kemacetan di Kota Surabaya. Selain untuk pelebaran jalan juga diperuntukkan pemulihan saluran air.

 

“Sisi barat Jalan Pandegiling ini sering mengalami macet maka dari itu setelah penertiban ini akan dilakukan tindakan pelebaran jalan hingga 7 meter dari tepi saluran,” ujar Kasi trantib Kec. Genteng Surabaya Krisna Indiarto.

 

Sesuai Perda No. 7 tahun 2009 dan kini diubah menjadi Perda No. 6 tahun 2013 tentang Bangunan bahwa bangunan yang berada di kawasan Pandegiling sisi barat tidak memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan) sehingga perlu ditertibkan. Sebelumnya penertiban sempat terhambat karena adanya beberapa bangunan yang memiliki IPT (Izin Pemakaian Tanah) yang izinnya dikeluarkan oleh Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT). Perlu adanya pendataan ulang untuk menentukan akuratnya jumlah bangunan di kawasan Pandegiling Surabaya.

 

“Titik kemacetan yang berada di Jalan Pandegiling tidak akan berkepanjangan. Permasalahan ini teratasi dengan campur tangannya Pemerintah Kota Surabaya dalam infrastruktur pembangunan fisik untuk Kota Surabaya.” imbuh Kris. (sen/humpolpp)



HUBUNGI KAMI

Silahkan kirimkan kritik dan saran Anda mengenai Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surabaya melalui form di bawah ini