Bekali Pelatihan PPGD, Ini Tanggapan Anggota Satpol PP Surabaya
By : sendy Date : Apr 29, 2019 Categorie : Penindakan

BEKALI PELATIHAN PPGD, INI TANGGAPAN ANGGOTA SATPOL PP SURABAYA

Pertolongan pertama gawat darurat (PPGD) adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh setiap anggota Satpol PP Surabaya. Sebab, kurangnya pengetahuan anggota Satpol PP tentang PPGD.

Dinas Kesehatan Kota Surabaya memberikan pelatihan PPGD kepada 45 anggota Satpol PP di Kantor Satpol PP Surabaya, Senin (29/4/2018). Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada anggota Satpol PP dalam penanganan awal kegawat daruratan  sehingga mempercepat waktu penanganan di lapangan.

Kegiatan yang dilakukan dalam pelatihan PPGD terdiri dari dua hal yaitu penyampaian materi dan praktek. Hal itu diungkapkan Staf Dinas Kesehatan Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Nanang Wahyu setelah memberikan pelatihan PPGD.

“Pemberian materi pertama berawal dari Basic Life Support (BSC) yaitu pertolongan pertama kasus kedaruratan yang tidak disangka-sangka, pertolongan P3K, lalu penanganan kasus sehari-hari seperti pingsan, mimisan, tersedak. Untuk pelaksanaan prakteknya dimulai dari Resusitasi Jantung Paru (RJP), heimlich dan back blow maneuver untuk pertolongan darurat orang tersedak, ” ungkap dia.

Dia menjelaskan, pelatihan PPGD ini adalah ujung tombak penyelamatan awal kepada korban. Biasanya, petugas medis menunggu mendapat informasi terlebih dahulu dari masyrakat atau Command Center Surabaya untuk bergerak ke lapangan apabila ada kejadian yang tidak bisa diprediksi.

Salah satu anggota Satpol PP Novia Anggraini menuturkan dirinya merasa seru banget selama mengikuti pelatihan PPGD karena mengenal pengetahuan yang baru. Sebab, sebelumnya belum pernah memiliki teknik dasar PPGD.

Beda Novia, beda pula dengan yang dirasakan anggota Satpol PP Ayunda Dwi. Dirinya mengaku sangat bermanfaat mengikuti pelatihan PPGD ini.

“Kami melaksanakan tugas di lapangan dan pelatihan PPGD ini memampukan kami menghadapi segala kejadian gawat dan darurat yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Berkat pelatihan ini, kami memahami teknik mengatasinya,” ungkap Novia. #ndy

 

  


Share This :

Related Posts

Terciduk: Anak di Bawah Umur di Gondrong Cafe By : sendy Date : Feb 26, 2018

Tim Asuhan Rembulan Satpol PP Kota Surabaya bergabung dengan BPB Linmas, Dishub dan Polrestabes mend

Kongko di Warung Kopi, Pelajar Terjaring Razia By : sendy Date : Oct 26, 2018

Tiga pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tengah asyik nongkrong di sebuah warung kopi di kaw

Ini Yang Dilakukan Wali Kota Risma di Negara Pakistan dan Turki By : sendy Date : Apr 10, 2018

Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tengah melakukan kunjungan di dua negara yakni Islamab

Komentar

Tambah Komentar

Send